Rabu, 07 Desember 2011

PERENCANAAN Perusahaan komanditer ( cv )


1.         RINGKASAN EKSEKUTIF
Konveksi Anugerah adalah perusahaan perseorangan yang dijalankan oleh Fatma Sari, S.H. Perusahaan bergerak di bidang usaha konveksi ( Pakaian jadi ), dimana di khususkan pada pakaian jadi anak-anak ( perempuan ). Perusahaan ini lebih mengedepankan desain agar menciptakan keragaman produk. Prospek pengembangan usaha sangat menjanjikan mengingat pasar yang cukup besar dengan trend yang terrus meningkat.
      Rencana pengembangan usaha :
1.      Strategi pemasaran :
a.       Pengembangan produk
b.      Pengembangan wilayah pemasaran
c.       Promosi
d.      Strategi penetapan harga
      2.   Pengembangan produksi dengan penambahan kapasitas produksi
      3.   Menciptakan desain yang beragam
      4.   Penambahan dan pengembangan sumber daya manusia
      5.   Pemanfaatan tekhnologi informasi
            Proyeksi nilai penjualan untuk tahun 1 sebesar Rp 50.000.000,- dan peningkatan sebesar 20 % untuk tahun – tahun berikutnya. Kebutuhan dana sebesar Rp 110.000.000,-. Rencana penggunaan dana sebesar Rp 100.000.000,- untuk investasi dalam peningkatan produksi dan pemanfaatan tekhnologi informasi, serta Rp 10.000.000,- digunakan sebagai modal kerja. Jangka waktu pengembalian adalah 5 tahun dengan tenggang waktu pembayaran 1 bulan sekali. Bangunan yang dimiliki perusahaan adalah tanah bersertifikat senilai Rp 200.000.000,-

2.     LATARBELAKANG PERUSAHAAN
2.1   Data Perusahaan
      1.   Nama perusahaan        :           Konveksi Anugerah
      2.   Bidang usaha              :           Konveksi
      3.   Jenis produk / jasa       :           Pakaian jadi anak – anak
      4.   Alamat perusahaan      :           Jl. Asia Afrika No 129, Bandung
      5.   Nomor Telepon           :           022-7823085
      6.   Bank Perusahaan         :           Mandiri
      7.   Mulai berdiri               :           2010

2.2     Biodata Pemilik / Pengurus
     1.   Nama                           :           Fatma Sari, S.H.
      2.   Jabatan                         :           Pimpinan
      3.   Tempat dan tanggal lahir :      Yogyakarta 1 Maret 1986
      4.   Alamat rumah             :           JL.Pamekar Timur XX No 10, Bandung
      5.   Nomor telepon            :           022-7834720
      6.   Alamat E-mail             :           Fatma_konveksi@yahoo.com
      7.   Pendidikan terkhir      :           Sarjana Hukum
      8.   Pengalaman kerja        :           5 tahun

3.     ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
3.1   Produk / Jasa yang Dihasilkan
Jenis produk yang di hasilkan : Pakaian Jadi Anak-anak
Karakteristik Produk : untuk usia 3-12 tahun
Assesoris tambahan : Pita, Renda, Manik-Manik, Kancing

KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI   :
1. Jahitan Rapi
2. puring/lapisan dingin
3. bahan baku yang bermutu

KEGIATAN PEMASARAN DAN PROMOSI    :
Ø  Personal selling
      Memberikan contoh/ sample baju yang akan di pasarkan kepada calon pelanggan hal  ini mengakibatkan naiknya jumlah pesanan produksi.
Ø  Pameran
      Pameran dagang di beberapa kota

3.3     Target atau Segmen Pasar yang Dituju
GAMBARAN KARAKTERISTIK PEMBELI / PENGGUNA
􀂙    Pembeli Individu ( keluarga yang mempunyai anak perempuan yang    berumur 3-12 tahun ), kelas sosial menengah kebawah.
􀂙    Distributor/Toko pakaian anak-anak

3.3     Strategi Pemasaran

1.   Pengembangan produk
Perubahan desain sesuai mode yang berlaku / trend, peningkatan kualitas bahan dan jahitan, dan mencoba diversifikasi produk ke pakaian anak laki-laki.
2.   Pengembangan wilayah pemasaran
     Akan direncanakan untuk menjajaki ekspor ke Malaysia dan perluasan wilayah pemasaran dengan menjalin kerjasama dengan pengusaha / distributor / toko pakaian anak di daerah lain.
3.   Kegiatan produksi
      a. Promosi penjualan
·         Produk sample
·         Intensifikasi pameran / bazaar / pasar malam
·         Diskount khusus / pemberian voucher
·         Jaminan produk
b.      Iklan
·         Brosur / daftar harga
·         Iklan di media cetak lokal
·         Masuk di Direktori Bisnis tahunan / yellow pages
·         Selebaran
·         Sponsor spanduk kegiatan sekolah TK dan SD
c.       Personal Selling
·         Lobbying
·         Presentasi penjualan
4.   Strategi penetapan harga
      Harga disesuaikan dengan kondisi ekonomi masyarakat lapisan menengah ke bawah, dengan tingkat inflasi 10 %.

RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
A.        STRATEGI PEMASARAN
-           Membuat sampel desain produk untuk di presentasikan ke para distributor/   individu
-           Pembuatan iklan di media cetak, brosur untuk di bagikan kepada orang tua
-          Memberikan diskon khusus dan voucher setiap pembelian diatas 20 potong pakaian
-          Memberikan sponsor kegiatan di sekolah TK dan SD
-          Pengembangan wilayah distribusi pemasaran ke daerah lain
-          Kerjasama dengan eksportir untuk pengiriman barang ke luar negeri

B.        STRATEGI PRODUKSI
-          Perbaikan desain sesuai dengan mode yang trendy
-          Pembelian mesin garment untuk peningkatan kapasitas produksi
-          Peningkatan produktivitas tenaga kerja

C.        STRATEGI ORGANISASI DAN SDM           
-          Perubahan struktur manajemen dan organisasi
-          Penarikan tenaga kerja
-          Pelatihan tenaga kerja yang sudah ada

D.        STRATEGI KEUANGAN
-          Penambahan investasi modal untuk pengembangan usaha
-          Mencari investor / joint ventura untuk pengembangan dan perluasan usaha
-          Pengendalian sistem keuangan







2 komentar:

  1. Kebetulan artikelnya lagi saya butuhkan. Buat contoh. Terimakasih yah artikelnya.

    BalasHapus
  2. thanks infonya gan, semoga bermanfaat dan thanks udah share ^^

    BalasHapus